Home » » Aedes Albopictus juga berbahaya?

Aedes Albopictus juga berbahaya?

Aedes Albopictus juga berbahaya?
Dkesempatan saya ini, saya akan membahas mengenai salah satu nyamuk yang juga berbahaya dan juga bisa menularkan virus dengue juga.  Nyamuk ini satu genus dengan nyamuk Aedes Aegipty sehingga nama depannya sama. Nyamuk jenis ini biasanya hidup di daerah tropis dan juga asia. Namun menurut sebuah sumber, kini nyamuk ini mulai menyebar ke berbagai belahan dunia lain seperti, Afrika, Karibia, Amerika Utara,  dan Amerika Selatan. 

Nyamuk jenis ini biasanya beraktivitas dari pagi hingga sore hari nonstop jadi bisa disimpulkan bahwa nyamuk ini jauh lebih aktif daripada Aedes Aegipty. Dan parahnya lagi, nyamuk ini bisa mengisap/menggigit darah manusia hingga beberapa kali dalam sehari. Nyamuk ini juga tidak jarang menggigit hewan terutama monyet. Nyamuk Aedes Albopictus lebih memilih untuk berkembang biak diluar rumah terutama di hutan-hutan bambu.

Nyamuk Aedes Albopictus juga sering disebut juga nyamuk kebun karena sangat sering muncul di daerah perkebunan. Hal ini wajar karena nyamuk ini juga berkembang biak diluar rumah.
Aedes Albopictus juga berbahaya?

Habitat yang sering digunakan untuk berkembang biak adalah seperti lubang-lubang di pohon, genangan air di tempurung kelapa, lekukan tanaman dan juga potongan batang bambu.

Pada dasarnya nyamuk ini hidup di daerah hutan atau jauh dari pemukiman penduduk, namun karena lahan yang semakin berkurang, maka nyamuk ini beradaptasi dan kini hidup di sekeliling kita bersamaan dengan nyamuk Aedes Aegipty.

Sama seperti nyamuk Aedes Aegipty,  Ae. Albopictus juga sangat banyak jumlahnya saat musim hujan datang, karena saat musim ini banyak air,menggenang diluar rumah yang akan mereka manfaatkan sebagai tempat untuk berkembang biak. Jarak terbang seekora nyamuk Ae. Albopictus bisa mencapai 400 hingga 600 meter perhari. Dan sangat kecil kemungkinan mereka untuk bermigrasi.

Jadi, nyamuk Ae. Albopicus ini juga berbahaya karena nyamuk jenis ini juga bisa membawa virus dengue dalam tubuhnya dan menularkannya kepada kera dan juga manusia, sama seperti Ae. Aegipty. Bahkan nyamuk ini dapat terbang lebih jauh dan juga berkativitas sepanjang hari.


0 komentar:

Posting Komentar

Tanpa verifikasi dan moderasi