Home » » Cara mudah mengatasi insomnia efektif

Cara mudah mengatasi insomnia efektif

Cara mudah mengatasi insomnia efektif
Pengertian insomnia
Insomnia adalah suatu penyakit atau gangguan dimana seseorang tidak mendapatkan cukup yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Insomnia sendiri bisa didefinisikan juga sebagai ketidak mampuan seseorang untuk tidur atau ketidak mampuan seseorang untuk tetap tidur sehingga bangun terlalu dini sehingga tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.
Insomnia terbagi menjadi 2 yaitu :
Insomnia akut : Insomnia yang umumnya terjadi selama sementara atau dalam waktu yang singkat.
Insomnia kronis : Insomnia yang terjadi dengan periode yang lebih lama yaitu lebih dari satu bulan.
Insomnia bisa dibagi menjadi dua jenis lagi.
1. Insomnia yang bisa dikaitkan dengan suatu faktor lain, misalnya karena minum alkohol, kafein, depresi dan juga obat-obatan
2. Insomnia yang tidak bisa dikaitkan dengan suatu faktor.

Tanda atau Ciri-ciri Insomnia
1. Cepat marah
2. Mengalami gangguan tidur
3. sulit berkonsentrasi
4. Sakit kepala
5. Nyeri leher
6. Napas tidak teratur
7. Detak jantung tidak stabil
8. Mudah terbangun saat tidur malam

Penyebab insomnia
1. Stress
2. Kebisingan sehingga mengganggu tidur
3. Bertambahnya usia
4. Perasaan cemas yang menghantui
Cara mudah mengatasi insomnia efektif

Cara mengatasi insomnia secara efektif
1. Usahakan tidur dalam kondisi gelap
Wahwahwah gelap-gelapan hehehe. Tidur saat sekeliling gelap akan lebih nyenyak dibandingkan tidur saat banyak lampu yang menyala (terang). Hal ini karena jika lampu disekeliling kita menyala (kamar dalam kondisi terang) maka hal ini akan menghambat proses produksi hormon melatonin, sedangkan saat gelap produksi hormon melatonin tidak terhambat/lancar.

2. Hindari konsumsi kafein
Kalau anda pecinta kopi pasti akan sangat berat untuk meninggalkan minuman yang satu ini, yah namanya juuga minuman favorit. Jika anda ingin mengatasi insomnia anda, maka mulailah untuk tidak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein 9 jam sebelum tidur, karena jika anda tetap mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, maka akan sangat besar kemungkinan bagi anda akan mengalami susah tidur (insomnia).

3. Olahraga sebelum tidur
Olahraga sebelum tidur? Mungkin hal ini akan sedikit terasa aneh untuk anda, karena mungkin anda baru pertama kali dengar. Nah sebenarnya olahraga sebelum tidur itu sangat ampuh untuk mengatasi Insomnia. Hal ini karena saat olahraga kita memerlukan energi bukan? dan Pastinya setelah olahraga kita kelelahan karena banyak mengeluarkan energi.
Seperti yang sudah anda tahu, kalau seseorang kelelahan pasti akan lebih mudah tidur. Jadi anda bisa melakukan hal ini untuk mengatasi insomnia anda.

4. Kurangi gangguan suara
Kalau salah satu faktor anda susah tidur karena ada suara yang berisik maka cobalah untuk mengurang atau menetralisir suara tersebut. Mungkin anda bisa untuk memulai untuk mematikan TV, radio, atau bahkan jam dinding sekalian kalau perlu hehehe. Namun cara yang paling sederhana untuk menetralisir bunyi berisik tersebut adalah gunakan penutup telinga.

5. Tenangkan pikiran anda sebelum tidur
Kalau anda seddang banyak masalah, maka cobalah untuk menghilangkan masalah itu sejenak, dan buatlah diri anda menjadi lebih santai dan lebih rileks. Setelah rileks, cobalah untuk memejamkan mata anda terus menerus beberapa menit hingga akhirnya anda ketiduran.

Nah itulah beberapa tips unutk mengatasi insomnia secara efektif, nanti akan saya update lagi tipsnya. O ya jangan lupa komentar dan klik tombol G+ dibawah ini ya supa blog ini tambah maju.



1 komentar:

Tanpa verifikasi dan moderasi

Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Aini Nony - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger